Thursday 10 May 2018

Soal dan Jawaban - Teknologi Komunikasi



1. Apa yang dimaksud dengan teknologi informasi ?
Jawab :
Teknologi komunikasi merupakan alat, teknik, atau cara yang dapat membantu manusia dalam berkomunikasi sehingga komunikasi menjadi lebih baik.
Klik Disini Untuk Membaca Dalam Bentuk MS.WORD

2. Kenapa teknologi diperlukan dalam komunikasi bisnis ?
Jawab :
Karena dengan teknologi komunikasi dalam bisnis mempermudah dalam berbisnis, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Kemajuan teknologi dalam komunikasi telah memungkinkan terciptanya kerja sama dengan berbagai pihak, kapanpun dan dimanapun berada. Penggunaan internet, e-mail, voice mail, dan faks memudahkan para pihak untuk bekerja tidak dalam satu lokasi.

3. Berikan beberapa contoh alat bantu yang dipergunakan dalam komunikasi lisan dan tertulis !
Jawab :
·         Alat bantu komunikasi lisan ada yang dapat dipergunakan secara individu dan ada juga yang bisa dipergunakan secara berkelompok. Pager, telepon, dan voice mail merupakan contoh alat bantu komunikasi lisan individu.
Secara berkelompok, komunikasi lisan dilakukan menggunakan alat bantu berikut :
1. Teleconference : teknologi teleconference dapat membantu berlangsungnya pertemuan antara beberapa orang yang berada di wilayah yang berjauhan.
2. Presentation system : Apabila peserta pertemuan berkumpul di satu tempat tertentu, peralatan presentasi sangat membantu jalannya komunikasi.
·         Alat bantu komunikasi tertulis berupa hardware dan software computer untuk melakukan komunikasi bisnis tertulis. Contoh software : word processor, page maker
Contoh hardware : Scanner, printer

4. Kenapa teknologi harus dimanfaatkan secara bijaksana ?
Jawab :
Kita harus bijak dalam memanfaatkan teknologi karena jika berlebihan justru akan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan serta justru dapat mengakbatkan tidak adanya efisiensi dan efektivitas dalam berbisnis.
5. Bagaimana cara melakukan pemilihan terhadap teknologi bisnis ?
Jawab :
Perusahaan harus memilih mana informasi yang memang menguntungkan perusahaan dan bisa bermanfaat untuk perkembangan bisnis perusahaan tersebut.

6. Apa yang dimaksud dengan LAN, WAN, dan Internet ?
Jawab :
-LAN (Local Area Network) adalah jaringan yang berada dalam satu lokasi
-WAN (Wide Area Network) adalah jaringan yang lebih luas untuk melakukan komunikasi antar lokasi yang berjauhan. 
-Internet adalah jaringan komunikasi terbesar di dunia yang dapat diakses oleh individu, perusahaan, perguruan tinggi, pemerintah dan lembaga-lembaga lain di seluruh dunia. World Wide Web (WWW) merupakan bagian dari internet yang banyak digunakan untuk mengakomodasi informasi berupa grafik.

7. Jelaskan peranan Internet dalam komunikasi bisnis !
Jawab :
Salah satu alat pendukung dalam usaha bisnis di zaman sekarang adalah internet, dimana internet mencakup semua apa yang telah menjadi kebutuhan dalam dunia bisnis. Sehingga internet sangatlah berperan penting dalam komunikasi bisnis.

8. Jelaskan manfaat teknologi komunikasi !
Jawab :
1. Meningkatkan aliran komunikasi : dengan teknologi, informasi mengalir lebih cepat dari sumber yang lebih banyak
2. Mempermudah komunikasi : individu dan organisasi semakin mudah melakukan komunikasi akibat adanya teknologi. Teknologi mampu mempersempit bahkan menghilangkan perbedaan waktu dan jarak.
3. Mengubah struktur organisasi : struktur organisasi banyak mengalami perubahan akibat teknologi komunikasi. Komunikasi bisa terjadi antara orang yang sedang berada di kantor dengan orang lain di perjalanan atau di rumah.
4. Menurunkan biaya komunikasi : teknologi mempermudah pembuatan dan pendistribusian informasi. Mudahnya pembuatan dan pendistribusian informasi akan mengakibatkan menurunnya biaya komunikasi.

9. Jelaskan kelemahan teknologi informasi !
Jawab :
1. Kelebihan informasi : kemajuan teknologi telah memampukan pekerja untuk mengakses semua informasi yang diinginkan. Akibatnya, terjadi kesulitan dalam membedakan antara informasi yang berguna dengan yang tidak dan memakan banyak waktu.
2. Keamanan data: sebelum menggunakan komputer, file dan dokumen perusahaan biasanya dibuat dalam bentuk kertas dan disimpan di ruangan terkunci. Kini data perusahaan mulai beralih dari kertas ke bentuk data elektronik. Cyberterrorisme dilakukan dengan cara merusak atau mencuri data sehingga bisa menjadi ancaman serius bagi keamanan data perusahaan.
3.Privasi informasi dan produktivitas karyawan : menganggap email bersifat pribadi merupakan hal yang keliru. Teknologi telah memungkinkan berpindahnya email secara cepat. Bahkan email seringkali terkirim kepada orang yang tidak tepat. Internet dapat digunakan untuk mengakses berbagai informasi dengan sangat mudah, kesempatan itu seringkali dipergunakan oleh karyawan untuk melakukan penjelajahan (browsing) demi kesenangan pribadi.
4. Kurangnya hubungan antar individu : alat bantu memberikan banyak kemudahan dalam berkomunikasi. Frekuensi berkomunikasi secara langsung atau tatap muka menjadi jarang. Hal itu mengakibatkan berkurangnya kepuasan hubungan sosial antar individu.
10. Berikan beberapa contoh kejahatan terhadap data elektronik !
Jawab :
- Penyadapan data yang dimiliki perusahaan maupun pribadi
- Penipuan untuk mencari keuntungan
- Pembajakan data



loading...

No comments:

Post a Comment